Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KALAM DAKWAH



Temboro Berda'wah_Kejayaan, kebahagiaan, kemuliaaan dan kesuksesan makhluk ada dalam kekuasaan Alloh SWT. Alloh SWT yang menciptakan (Kholik). Alloh SWT yang memelihara (Malik). Alloh SWT yang memberi rezeki (Raziq). Alloh SWT yang menciptakan suasana dan keadaan. Alloh SWT menciptakaa sesuatu dengan kudrot dan irodatnya tanpa bantuan makhluk.
Segala yang nampak ataupun yang tidak nampak berasal dari khazanah/gudang kejayaan Alloh SWT. Untuk kejayaan, kebahagiaan, kemuliaan dan keselamatan umat manusia, Alloh SWT telah menghantarkan Agama Islam yang sempurna.

Apakah Agama itu ?
Agama adalah seluruh perintah Alloh SWT ikut sunnah Rasululloh SAW. Ketiadaan dan kekurangan dalam amal Agama akan menyebabkan kerugian, penderitaan, kegagalan dan kehinaan baik di dunia maupun akhirat yang kekal abadi selama-lamanya. Agama penting  namun usaha atas agama lebih penting. Agama lebih penting dari tanah, air, api dan udara.
Bagaimana agama dapat wujud dalam diri kita dan seluruh umat serta dapat tersebar ke seluruh alam sampai hari kiamat ? jawabanya : Hanyalah ada satu cara, yaitu dengan Usaha dan Cara Rasululloh SAW, tidak dapat dengan cara lain. Sebagaimana kita melihat hanya dengan mata, mendengar dengan telinga, berbicara dengan mulut, jalan dengan kaki, dan sebagainya.
Rasululloh SAW adalah penutup para Nabi (Khataman Nabiyyin). Alloh SWT tidak akan menurunkan Nabi lagi, tetapi tugas kenabian harus tetap berlanjut sampai hari kiamat. Siapakah yang akan meneruskan Usaha Kenabian ? Maka Alloh SWT telah memilih dan menerima umat ini bertanggungjawab untuk meneruskan Usaha Kenabian  (Nubuwah)

Apakah Usaha Rasululloh SAW itu ? Usaha Rasululloh SAW adalah kumpulan dari beberapa usaha amal yaitu :
1.    Usaha Da'wah Ilalloh
2.    Usaha menghidupkanTa'lim Wata’lum
3.    Usaha Dzikir lbadah dan menambah kekuatan do'a
4.    Usaha khidmat/bergaul sesama makhluk dengan akhlak Rasululloh 
     Sebagai contoh usaha pertanian ialah kumpulan dari beberapa hal yaitu harus ada sawah, air benih, alat  dan petani. Apabila salah satu unsur tadi tidak ada, maka usaha pertanian tidak dapat berjalan.
Demikian juga dengan Usaha Rasululloh SAW, apabila salah satu amalan tidak dapat dihidupkan maka usaha Rasululloh SAW tidak dapat berjalan.

 Usaha Rasululloh SAW dapat dijalankan dengan
5 Amalan Maqomi Yaitu :
1. Musyawarah Harian
2. 2,5 Jam silaturahm harian
3. Ta'lim Masjid dan Ta'lim Rumah
4. Jaulah 1 di Masjid sendiri dan Jaulah 2 di masjid tetangga.
5. Keluar 3 Hari setiap bulan

Agar Usaha dan Amalan tersebut dapat terwujud harus dijalankan dengan 6 sifat dalam diri kita, yaitu :
1.    Iman yakin yang benar kepada Alloh SWT
2.    Cara yang benar yaitu cara Rasululloh SAW
3.    Mengetahui nilai amal
4.    Tawajuh kepada Alloh SWT .
5.    Ikhlas
6.    Mujahadah Nafsu
    Untuk menjalankan Usaha Rasululloh SAW harus di kerjakan dengan berjamaah, karena Nusrotulloh (pertolongan Alloh) bersama dengan jamaah.

Apakah Jama’ah itu ?
    Jamaah adalah berkumpulnya ahlul haq dalam suatu tempat yang memiliki syarat-syarat tertentu (seperti dalam shalat berjamaah) yaitu :
1.    Fikir yang sama sebagaimana fikir Rasululloh SAW
2.    Maksud dan tujuan yang sama
3.    Semangat (jasbah) dan gerak yang sama
4.    Pembicaraan yang sama dalam perkara yang sama
5.    Kefahaman agama yang sama atas perkara yang sama
6.    Satu hati dan kasih sayang.

Apabila Usaha, Amalan, Sifat dan Syarat-syarat tersebut dapat wujud pada diri seseorang, satu jamaah, rumah, tempat usaha, masjid dan kampung selama 4  jam, maka :
1.    Alloh SWT akan jadikan asbab turunnya Hidayah bagi semua umat di seluruh alam sampai hari kiamat.
2.    Alloh SWT akan menjaga rumah, tempat usaha. Masjid dan kampung kita sebagaimana Alloh SWT    menjaga Baitulloh (Ka'bah ) dari serangan tentara Abraham.
3.    Alloh SWT akan menjaga keluarga dan keturunan kita sebagaimana Alloh SWT menjaga keluarga dan keturunan Nabi Ibrahim AS sampai 11 keturunan.
4.    Alloh SWT akan memberikan keberkahan Rizqi serta Rizqi yang tidak disangka-sanggka.
5.    Alloh SWT akan tegakkan yang haq dan hancurkan yang bathil
6.    Alloh SWT akan menjadikan pemimpin-pemimpin yang adil.
7.    Alloh SWT akan jaga kita dari fitnah dunia dan fitnah Dajjal.

Agama penting namun usaha atas agama lebih penting. Bagaimana menjadikan agama dan usaha atas agama menjadi maksud dan tujuan hidup kita. Karena pentingnya Usaha dan Cara tersebut di atas, maka setiap orang baik sebagai presiden, menteri, pejabat, pegawai, karyawan, buruh, pedagang, petani, guru, pelajar, mahasiswa dan sebagainya perlu untuk mempelajarinya.

Untuk memahami usaha dan cara tersebut diperlukan pengorbanan fikir, waktu, diri dan harta. Kepahaman kita terhadap usaha dan cara tersebut tergantung pada seberapa besar pengorbanan kita, Semakin besar pengorbanan kita maka semakin banyak kepahaman yang akan Alloh SWT berikan kepada kita.
Kepahaman dalam Usaha Da'wah yaitu bagaimana maksud hidup kita untuk usaha Da'wah. Usaha untuk menjadikan :
1.    Masjid kita seperti Mesjid Nabawi
2.    Kampung kita seperti Kampung Madinah
3.    Rumah kita seperti Rumah Sahabat.

Untuk tahap awal. Usaha dan Cara tersebut dengan meluangkan waktu atau bagi masa :
o    2,5 jam setiap hari
o    3 hari setiap bulan
o    40 hari setiap tahun
o    4 bulan seumur hidup kita.